Menu dan link (tautan) pada wordpress secara bawaan/default terbuka di tab yang sama.  Link (tautan) adalah sebuah tulisan yang bila di klik akan membawa kita pada halaman yang lain. Suatu halaman website, punya hubungan yang terkait dengan halaman lain. Sebuah postingan, menaut ke postingan lain. Sebuah komponen website, widget dan panel, punya sambungan ke komponen lain.

Hampir semua komponen dalam sebuah halaman website bisa dijadikan link, baik gambar, tulisan maupu video. Jika kursor mouse menyentuh semua tanda ini biasanya pointer akan berubah menjadi gambar tangan. Kebanyakan link akan berubah warna, muncul garis bawah atau efek-efek lain sebagai penanda bagi pengunjung bahwa itu adalah sebuah link. Jika diklik, maka pengunjung akan diarahkan ke halaman lain yang sebelumnya sudah diset oleh empunya website.

Lalu bagaimana cara membuat sebuah menu pada wordpress yang berisi link tertentu dapat membuka pada tab baru pada saat di klik?

  • Pilih menu “appearance” pada halaman dashboard wordpress-mu

  • Klik “Menus”

  • lalu klik “screen options”

  • centang tanda/box “Link Target”

  • Voila! setelah itu pada “menu structure” anda akan muncul opsi “open link in a new tab”. centang opsi ini dibagian menu yang anda inginkan agar membuka di tab baru.